29 Tanggapan untuk "Contoh Soal TPA Penalaran Silogisme"

  1. nanya dong itu kok yang nomor 9 jawaban nya B ? bukannya E ya ? kok bisa b ? penjelasannya dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nampaknya nomor 9 itu salah soal gan. Jelas2 tertulis semuanya pinter akuntansi, kenapa jawabannya jadi ada lagi yg gak pinter?

      Maaf kalau saya salah gan. Terimakasih

      Delete
    2. Sebelumnya terima kasih atas tanggapan agan-agan semua,


      Sepertinya khusus untuk nomor 9 kemungkinan besar jawaban tidak ada yang sesuai kalau dilihat dari silogisme soalnya gan.(Mungkin ada pendapat berbeda dari pembaca lainnya?? Feel free to discuss)

      Delete
  2. kakak penarikan kesimpulannya dalam pembahasan bisa lebih diperjelas lagi tidak? saya kurang memahami di soal no.6 itu kenapa tidak yang E?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi adek, sudah membaca materi-materi silogismenya belum? Kalau belum coba dibaca dulu yuk, nih link nya:

      http://soaltpaku.blogspot.co.id/search/label/Materi%20Silogisme?&max-results=8

      Disana banyak sekali penjelasan mengenai silogisme, termasuk didalamnya menjawab pertanyaan yang adek tanyakan.

      Delete
    2. Mamalia tidak bertelur, mamalia termasuk jenis hewan, semua hewan ada yang mamalia, semua yang bertelur adalah hewan = ada hewan yang tidak bertelur ( yaitu mamalia )

      Delete
  3. Klo mnurut sy yg no.9 itu cuma A yg pking tepat krn semua yg jd akuntan sdh pasti pandai dlm akuntansi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas jawabannya.

      Jawaban agan masuk akal tuh, namun pertanyaannya apakah yang bukan akuntan tidak pandai dalam akuntansi?

      Silahkan teman-teman yang lain ikut berendapat

      Delete
    2. kalau menjawab berdasarkan konsep silogisme, maka yang bukan akuntan tidak pandai dalam akuntansi min.

      sepengetahuan saya aja sih :D

      Delete
  4. jawaban yang bener mnurutku yg D ...

    ReplyDelete
  5. kalo menurut sy no 9 itu jawaban E krena Santo bukan seorang akuntan,sedangkan semua org yg pandai akuntansi adalah seorang akuntan

    *Maaf kalo salah hihi

    ReplyDelete
  6. Menurut rumus yg dijabarkan, terbentuk premis 1: M P, premis 2: S M, jadi konklusinya tidak boleh ada M, yaitu akuntan.

    yang paling mendekati adalah E. walaupun "yang pandai akutansi belum tentu akuntan". atau kalau dimodifikasi menjadi santo belum tentu tidak pandai dalam akutansi.

    ReplyDelete
  7. klo yang nmr 5 Middle Term nya yang mana bos...???

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Dalam soal menjelaskan tentang HP gan.
      Ada beberapa alat yang mempunyai fasilitas internet, namun tidak mempunyai fasilitas sms.

      CMIIW

      Delete
    2. tetapi bukannya di soal tertera jelas semua hp ada fasilitas sms nya? kenapa jawabannya jadi sebagian hp ada fasilitas smsnya? itu menurut saya hehe maaf kalo salah

      Delete
    3. baca lagi soalnya gan, dijelaskan mengenai HP. jawaban A itu kan Semua yang ada fasilitas internet selalu ada fasilitas SMS. tidak ada kata HP disitu. jadi jawaban D itu emang udah bener. Sebagian HP ada fasilitas SMS dan internet. kenapa pakai sebagian padahal agan blg di soal tertera jelas semua hp ada fasilitas sms nya? yang dilihat internetnya gan, makanya sebagian lagi hp ada fasilitas sms tapi tidak ada fasilitas internetnya.
      saya kasi contoh gan, semua miss universe cantik. sebagian miss universe smart. kesimpulannya sebagian miss universe cantik dan smart.
      maaf gan klo salah pengertiannya.. hahaha

      Delete
  9. bang, buat soal tipe implikasi kyk nmor 14 itu mnurut gua. contoh nih
    jika saya menyanyi maka piring pecah.(soal)
    jika saya menyanyi maka piring tidak pecah (salah dong)
    Jika saya tidak menyanyi maka piring pecah ( nah yg ini nih, bisa aja dong piringnya pecah, entah dilempar kek, atau keinjek,hehe)
    jika saya tidak menyanyi maka pirng tidak pecah (bener juga)..ini saya dapet dri zenius bang.
    nah klo disoal ini brrti :
    Jika Tini rajin belajar, maka dia akan memperoleh indeks prestasi yang baik. Kenyataannya Tini tidak rajin belajar.
    jawaban: jika Tini tidak rajin belajar, maka dia tidak memperoleh ip baik (bisa)
    maka dia memperoleh ip baik (juga bisa, kenapa? ya bisa aja dia nyontek kek, atau nyogok dosennya,hehe)
    skian pndapat gw bang :3
    jdi jwbannya A. tidak dapat disimpulkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mantap sekali penjelasannya..

      Teman-teman lain ada yang sependapat dengan abang Fahmi??

      Delete
    2. aku sangat setuju dengan bg Fahmi,,, semua hp yg ada fasilitas internet pastiada fasilitas sms nya, tapi tidak semua hp yg punya fasilitas sms bisa internetan. Bravo bg Fahmi,,,

      Delete
    3. Sepertinya salah menanggapi ya Neng Niah :D

      Delete
  10. selamat siang menurut saya no.8 jawaban paling besar bobot kebenaranya bedasarkan premis adalah E.

    8. (premis-1)Anak perempuan yang masih kecil selalu diberi boneka oieh ibu mereka. (premis-2)Tini mempunyai banyak boneka di rumahnya. (premis-3)Kakak dart adik Tini tidak mempunyai boneka. Jadi . . . .

    A. Anak perempuan tidak harus mempunyai boneka.(mengingkari premis-1)
    B. Tini adalah anak yang paling disayang ibunya.(mungkin karena ngga disebutin di soal)
    C. Kakak dan adik Tini juga mempunyai boneka.(berlawanan dengan premis-3)
    D. Semua boneka Tini adalah pemberian ibunya.(mungkin, tidak sebutkan disoal)
    E. Kakak dan adik Tini semuanya laki-laki. (benar, karena didukung premis-3 dengan premis-1, sedangkan informasi premis-2 dengan premis-1 bisa acuan tini adalah perempuan).

    bagaimana pendapat teman2??

    trmksh

    ReplyDelete
  11. slmt siang admin dan teman2,
    untuk...
    14. Jika Tini rajin belajar, maka dia akan memperoleh indeks prestasi yang baik. Kenyataannya Tini tidak rajin belajar.

    menurut saya ini adalah soal silogisme hipotetik, jika merujuk pada hukum silogisme hipotetik ke-4 dari wacana pada web ini sebelumnya, maka jawaban yang benar adalah D.
    lihat:

    A. Tidak dapat disimpulkan.(bisa disimpulkan dengan s.hipotetik)
    B. Tini adalah anak yang pintar.(mungkin, tapi tidak ada disebutkan dalam soal)
    C. Semua kesimpulan benar.( jawaban A&B menentang C)
    D. Tini tidak memperoleh indeks prestasi yang baik. (Benar, hukum silogisme hipotetik jika Antecedent(rajin belajar) tidak terlaksana, maka Konsekuen (indeks prestasi yang baik) tidak terlaksana = ABSAH)
    E. Tini memperoleh indeks prestasi yang baik. (mungkin,bisa saja karena dia jenius, tapi tidak disebutkan dalam soal)

    ReplyDelete
  12. saran jika nomor 9 itu jawabannya "santo mungkiin pandai akuntansi" bagaimana?

    ReplyDelete
  13. nanyain ama santo aja lngsung. hal gini kok di pusingin. hahahaha. jst kidding :v

    ReplyDelete
  14. menurut saya jwban yg bnar e... brikut pnjlasannya

    pu: Semua akuntan (a)pandai dalam akutansi (b)
    pk: Santo (c) bukan seorang akuntan (a).
    k :
    Santo (c) tidak pandai dalam akuntansi (b)

    ReplyDelete
  15. No 16 itu gimana penyelesaiannya ya .. minta tolong dijelasin? makasih

    ReplyDelete
  16. TANYA SANTO NYA AJA BIAR JELAS
    NO.9

    ReplyDelete
  17. Yang nomor 9 jawabannya E ya mas.

    ReplyDelete

Pergunakan kotak komentar dengan bijak ya sobat.
Mohon bantuan konfirmasi jika ada penulisan soal-soal yang salah, maklum Pak HaBe manusia biasa yang bertabur kesalahan :D

Terima Kasih